Berita Tokoh

Nur Pamudji Berawal Sebagai Engineer PLN (2)
Redaksi : Zamrudtv Online
01 November 2011

Jakarta, Zamrudtv - Nur Pamudji bukan sosok asing di PLN. Pria kelahiran Kota Apel, Malang, ini merintis karir di PLN dari bawah. Setelah lulus dari Teknik Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1985, Nur memulai karir sebagai Engineer Sistem Operasi Pembangkit (1985-2001).

Tahun 2001, karirnya mulai menanjak. Dia didapuk jadi Manajer Transmisi untuk Area Sulawesi Selatan. Kemudian, pada 2004, Nur memimpin Tim Pengembangan Sistem Kompetensi SDM PLN.

Tahun 2005, Nur menjadi Manajer Sistem Operasi Pembangkit Jawa-Bali. Setelah itu, pada April 2008 diangkat sebagai General Manager PLN P3B Jawa-Bali, hingga akhirnya pada Desember 2009 ditunjuk sebagai Direktur Energi Primer PT PLN, yang membidangi penyediaan energi primer (BBM, gas, batu bara, dan lain-lain) untuk mensuplai kebutuhan pembangkit listrik.

Selain bekal kuliah di ITB, Nur pamudji juga tercatat pernah menempuh pendidikan di Pascasarjana di Fakultas Teknik University of New South Wales, Australia pada 1995 dan Master of Public Management dari National University of Singapore pada 2003.

Dari sisi teknis, Nur Pamudji jelas sosok yang punya kapabilitas dan kapasitas untuk memimpin PLN. Bagaimana dari sisi nonteknis? Selain muda, Nur Pamudji juga dikenal sebagai sosok yang tegas. Ketegasan itu pernah dimunculkannya dalam hal larangan merokok. Sebagai pendaki gunung yang handal dan pecinta alam, Nur memang tak kenal kompromi soal rokok.

Seorang karyawan PLN pernah bercerita. Dalam sebuah seminar yang dilakukan di Gedung Serbaguna di Pusdiklat PLN di Ragunan, sebagian besar peserta tampak merokok di ruangan ber-AC. Ketika itu, tiba-tiba Nur Pamudji mengambil microphone dan mengatakan dengan tegas. ”Karena ruangan seminar ini ber-AC, mohon peserta seminar yang merokok di ruangan ini, diminta keluar oleh panitia,” demikian kurang lebih ucapannya.

Bahkan, beberapa karyawan lain menceritakan, Nur Pamudji sempat mencabut rokok dari mulut salah seorang karyawan PLN yang nekat merokok dalam ruangan gardu listrik Jawa Bali Control Center di Gandul.

Terkait hal itu, Nur Pamudji juga pernah bercerita, ketika menjadi Kabag Operasi di Control Center di Gardu Listrik Gandul, pada 2000, dia memberlakukan larangan merokok di gedung operasi. ”Alasannya, Bahaya Kebakaran. Habis gimana lagi, pangkat saya waktu itu cuma kepala bagian, di atas saya masih ada kepala dinas dan kepala divisi di gedung yang sama, jadi musti cari alasan yang kuat,” ujarnya.

Nur Pamudji juga mengungkapkan, dirinya tidak segan-segan untuk mencabut rokok dari mulut karyawan PLN yang nekat merokok di ruang operasi kontrol listrik. ”Nggak peduli atasan atau bawahan. Gara-gara itu, saya dijuluki ’Madura’ karena galak banget soal rokok ini,” ceritanya. (tim/zamrudtv.com)



Hits : 1932 | Comments : 0



Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

zamrud Property
Berita Terbaru
  Beranda | Riau | Sumbar | Sport | Lingkungan | Lifestyle | Otomotif | Tokoh | Daerah | Ekonomi | Wisata  
 
  PT. ZAMRUD MEDIA RIAU
 
 
  Alamat Redaksi: Jl. Pelita, Komplek Wana Griya Blok F 28, Kelurahan Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan, Pekanbaru - Riau
  Telp : (0761) 480898, Fax (0761) 899335
  Email : redaksi@zamrudtv.com & iklan@zamrudtv.com, admin@zamrudtv.com Copyright©2011 | Hak Cipta Dilindungi